Jasa Digital Marketing

Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir ini. Berbagai perusahaan berlomba-lomba mencari kandidat pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen.

Di era serba digital ini, pemasaran lewat media digital memang sangat penting. Penumpang taksi di jalan misalnya, kini sudah tidak mengarahkan perhatiannya ke papan-papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus menggunakan ponsel pintarnya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet.

Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini.

Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa Anda lakukan lewat strategi pemasaran satu ini. Anda para pengembang bisnis atau calon digital marketer, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar branding dan selling Anda meningkat.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.

Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Selanjutnya, jika Anda ingin belajar digital marketing. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!

 

Kategori Digital Marketing

Pada dasarnya ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.

Digital marketing SEO terbagi menjadi dua, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Untuk mengetahui teknik On Page SEO, silakan baca panduan lengkap dari kami berikut:

Sedangkan, untuk mengetahui bagaimana cara optimasi website lewat Off Page SEO, silakan baca artikel dari kami berikut:

Pengembangan website memang sangat krusial mengingat website adalah representasi utama dari bisnis Anda. Anda bisa juga mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics. Tools dari Google yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para digital marketer.

SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.

Content Marketing

Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens.

Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda.

Tujuannya? Sama seperti pemasaran dan digital marketing secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Apa saja sih contoh penerapan content marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan email ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen.

Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing sangat penting.

PPC

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).

Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google.

 

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda jadi menyadari bahwa Anda bisa pakai berbagai cara untuk memasarkan brand Anda sebagai bentuk strategi digital marketing. Anda juga tentunya perlu mengetahui tren-tren terkini pemasaran digital.

Mengapa? Karena ilmu pemasaran sebenarnya berkembang dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan perilaku pasar.

Terakhir, kami juga akan memberikan link pdf digital marketing bagi Anda agar Anda dapat lebih menambah wawasan Anda.

Ini adalah buku besar soal pemasaran digital yang tersedia secara gratis, silakan diakses link yang tertera dan dibaca ya!

 

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap menjadi digital marketer handal dan meningkatkan penjualan Anda? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar kami.

 

Simpulan

PT Solusi Bintang Internasional juga meyediakan jasa untuk membantu anda dalam bidang digital marketing. kami menyediakan sumber daya manusia yang mumpuni dalam hal digital marketing. untuk lebih lanjut silahkan menghubungi kami di

PT. Solusi Bintang Internaional

marketing@starsolution.co.id

(0321) 6830520

Leave a Comment