3 Teknik Merancang Manpower Planning
Manpower Planning
Merancang Manporwer Planning merupakan hal yang penting dalam proses recruitment.
Banyak teknik yang bisa digunakan dalam merancang Manpower Planning.
Sembari mensyukuri semua nikmat dari Allah SWT, mari kita telaah artikel hari ini tentang Manpower Planning.
–
Manpower Planning merupakan rangkaian kegiatan perencanaan kebutuhan karyawan di masa depan pada sebuah organisasi/ perusahaan.
Sejatinya manpower planning ini mencakup mengoptimalkan manpower yang sudah ada dan melakukan rekrutmen karyawan baru yang dibutuhkan.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai teknik teknik dalam merancang Manpower Planning.
Berikut ini, tim kami coba sampaikan 3 Teknik Analisa yang bisa dilakukan, dalam Merancang Manpower Planning.
Teknik #1 : Melihat Trend Kebutuhan Manpower Di Masa Lalu
Teknik pertama, dengan melihat trend kebutuhan manpower tahun tahun sebelumnya.
Khususnya jika setiap tahun ada kondisi kondisi unik dalam pengadaan manpower baru, misalnya karna ada musim tertentu.
Cara menggunakan teknik pertama ini, contohnya dengan menghitung jumlah posisi tertentu pada tiap akhir tahun selama tiga atau lima tahun berturut-turut kebelakang.
Tujuannya adalah untuk dapat mengidentifikasi dan melihat trend / pola perkembangan jumlah kebutuhan pada periode itu.
Sehingga selanjutnya dapat memprediksi berapa manpower yang dibutuhkan dimasa depan.
Teknik #2 : Mengecek Ratio Tertentu
Teknik selanjutnya menggunakan data ratio yang dimiliki oleh Perusahaan.
Kita bisa merancang MPP dengan memprediksi jumlah rekrutmen baru berdasarkan rasio tertentu
Misal, kita bisa melihat ratio Pendapatan Tahunan : Jumlah Karyawan
Contohnya seperti ini :
Jumlah pendapatan tahun lalu = Rp 200 milyar
Jumlah karyawan tahun lalu = 100 orang
Maka rasionya sebesar 1 karyawan : Rp 2 milyar
Sehingga ketika ada kenaikan target pendapatan tahun ini, kita bisa merancang kebutuhannya sesuai ratio diatas.
Contoh, Estimasi pendapatan = Rp 250 milyar
Estimasi kebutuhan karyawan = 125 orang
Karna sudah ada 100 orang, maka kebutuhan new recruitmentnya 25 orang.
Teknik #3 : Menyesuaikan Budget Yang Tersedia
Teknik ketiga adalah melihat budget yang tersedia.
Beberapa perusahaan mematok budget recruitment karyawan baru pada angkat tertentu.
Jika demikian, maka dalam merancang MPP dapat mengacu kepada budget yang disiapkan.
Budget ini bukan hanya budget proses recruitment, namun juga budget upah karyawan baru.
–
Untuk mempermudah kebutuhan itu semua anda dapat mengalihdayakan semua urusan dan kebutuhan tentang tenaga kerja pada kami PT Solusi Bintang Internasional Dapat Meningkatkan Produktivitas Melalui System Yang Berbasis Online Dengan Didukung Oleh Team Profesional Dan Berpengalaman.
–
Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di
marketing@starsolution.co.id
(0321) 6830520
kami siap membantu dan mempermudah semua kebutuhan dan urusan anda
Sumber : http://www.manajemensdm.net/3-teknik-merancang-manpower-planning/